Pecinta Pizza? 7 Trik Ini Agar Tetap Langsing Ketika Makan Pizza

Melahap pizza kadang bikin lupa diri. Supaya asupan kalori tak berlebih, ada tips sehat saat makan pizza. Mudah dipraktekkan lho

Lembaran roti bertopping daging, keju dan saus membuat pizza tinggi kalori. Bagi pencinta pizza, hal inipun bisa menimbulkan was-was naik berat badan.

Agar tak kelebihan kalori saat menyantap pizza, ada sejumlah trik yang bisa dilakukan. Berikut tips praktisnya dirangkum dari Eat This

1. Pesan pizza ‘thin crust’

Ada dua jenis pizza yang umum kamu temui, versi roti tebal atau tipis. Untuk pilihan lebih sehat, pesanlah pizza thin crust yang adonan rotinya tipis, garing dan renyah. Pasalnya menyantap pizza tebal sama saja mengonsumsi banyak kalori mengingat roti pizza dibuat dari tepung terigu olahan yang bisa menaikkan kadar insulin dengan cepat. Akibatnnya, kamupun jadi semakin menginginkan pizza lagi dan lagi.

2. Minta potongan kecil

Seloyang pizza ukuran besar biasanya dibagi jadi 8 potong, coba minta potongan dibuat lebih kecil lagi yaitu 16. Makan pizza potongan mungil ini perlahan, pastikan kamu menyantapnya saat benar-benar lapar saja. Bisa juga potongan pizza kecil ini dipadukan dengan makanan lain yang berserat dan sehat yaitu salad. Dengan begini kamu bisa kenyang tanpa perlu melahap banyak kalori.

3. Hilangkan minyak berlebih

Tak jarang saat memesan pizza keju kamu mendapati permukaan pizza amat berminyak. Jangan didiamkan, ambil tisu lalu serap kelebihan minyak ini. Cara ini bisa mengurangi asupan hingga 50 kalori lho. Meski terkesan sepele, langkah kecil ini sangat bermanfaat.

4. Hindari banyak topping daging gurih

Pizza bertabur potongan pepperoni, bacon dan sosis yang banyak memang enak. Tapi kalau kamu fokus pada kesehatan, sebaiknya hindari jenis pizza ini. Daging-dagingan gurih ini tinggi kandungan lemak jenuh dan sodium yang tidak bagus untuk kesehatan.

5. Makan langsung dari kotaknya

Tips mudah lain yang bisa dilakukan adalah memakan pizza langsung dari kotaknya. Hindari menempatkan pizza di piring lebar karena akan membuat pizza terkesan sedikit dan kamu mungkin melahapnya berlebih. Anggapan ini didasarkan pada penelitian Georgia Institute of Technology. Dengan memakan pizza langsung dari kotak, otak akan berpikir kamu sudah makan pizza dengan cukup sehingga tak tergoda melahapnya lagi.

6. Tambahkan sayuran

Pilih pizza dengan topping sayuran agar indeks glikemiknya lebih rendah. Sebagai contoh, pizza keju memiliki indeks glikemik 80 dari 100, sementara pizza sayuran hanya 49. Sayuran mentah dan daging minim lemak jadi pilihan terbaik untuk topping pizza. Keduanya membuat kamu cepat kenyang dalam waktu lama.

7. Beri rasa pedas

Mau tingkatkan metabolisme sekaligus mengurangi porsi makan? Coba tambahkan bubuk cabai ke atas pizza. Penelitian di Kanada mengungkap pria yang makan makanan pembuka pedas mengonsumsi 200 kalori lebih sedikit dibanding mereka yang tak melahap pedas. Selain bubuk cabai, bubuk lada hitam bisa jadi pilihan untuk memberi pedas pada pizza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *